Horas!!

Syalom!

Selamat datang di blog Sekolah Minggu Rawamangun.

Blog ini bertujuan untuk menjadi inspirasi bagi setiap pelayan anak yang dengan sepenuh hati ingin memberikan yang terbaik bagi anak layan dan kemajuan pelayanannya disekolah minggu. Pada umumnya blog ini akan mengikuti nats yang ada di Almanak HKBP. Tentunya materi serta alat peraga yang ada juga merupakan referensi dari berbagai sumber. Namun di blog ini ditambahkan juga artikel atau cerita lain yang berhubungan dengan sekolah minggu lho..

Semoga kiranya blog ini dapat menjadi penunjang bagi pelayanan kita di sekolah minggu. Amin!

Absen Ceria..!!

Dengan dimulainya periode baru, maka kakak sekolah minggu juga akan memiliki kelas baru. Hal ini tentunya membuat kita memerlukan pendataan ulang untuk anak-anak sekolah minggu. Yang paling pertama harus dilakukan adalah pengumpulan data-data anak sekolah minggu di kelas yang bersangkutan.

Untuk kelas Pra TK atau balita misalnya, data yang dikumpulkan diantaranya bisa berupa nama anak, tempat & tanggal lahir, alamat, no telepon/hp, nama orang tua, sifat anak. Sifat anak dapat diisi dengan sifat-sifat anak yang bersangkutan misalnya: ceria, pemalu, manja, suka penyanyi, aktif dan lain sebagainya. Hal ini tentunya agar kakak layan lebih mengenal karakter anak secara umum. Bisa juga ditambahkan hal lain lho.

Untuk horong sedang atau besar, sifat anak bisa diganti hobi atau yang lainnya (tentunya karena formulir tersebut diisi oleh anak yang bersangkutan).

Setelah data terkumpul, maka bisa dibuat database biodata anak sekolah minggu. Database biodata ini sangat berguna, baik bagi gereja maupun bagi kakak layan yang bersangkutan; diantaranya adalah untuk tahap awal pembuatan absen sekaligus nametag.

Bagi kelas-kelas yang ada di kelas besar, absen dapat dibuat seperti di kelas sekolah formal, namun untuk kelas kecil (bahkan kelas sedang), sekolah minggu pasti akan terasa menarik jika absen dibuat seunik mungkin. Hal ini juga berguna bagi guru dalam mengenali anak-anak layannya.

1. Carilah gambar outline yang sesuai dengan suasana kelas sekolah minggu.



Anggur
Nanas



Jeruk

Stroberi


Pisang
Pir



2. Buatlah templatenya di kertas yang agak tebal, agar dapat menjadi jiplakan untuk diperbanyak.



3. Tempate dapat di jiplak ke atas kertas origami atau kertas lain yang menarik.



4. Agar absen/nametag lebih
 tahan lama, sebaiknya di laminating.



5. Kakak sekolah minggu dapat mengaplikasikan absen kelas dalam berbagai cara. Contoh, dijadikan nametag, dikaitkan pada ranting pohon, direkatkan pada papan absen dan lain sebagainya.


Selamat berkreatifitas!!

1 komentar: