Horas!!

Syalom!

Selamat datang di blog Sekolah Minggu Rawamangun.

Blog ini bertujuan untuk menjadi inspirasi bagi setiap pelayan anak yang dengan sepenuh hati ingin memberikan yang terbaik bagi anak layan dan kemajuan pelayanannya disekolah minggu. Pada umumnya blog ini akan mengikuti nats yang ada di Almanak HKBP. Tentunya materi serta alat peraga yang ada juga merupakan referensi dari berbagai sumber. Namun di blog ini ditambahkan juga artikel atau cerita lain yang berhubungan dengan sekolah minggu lho..

Semoga kiranya blog ini dapat menjadi penunjang bagi pelayanan kita di sekolah minggu. Amin!

Yusuf Yang Mengampuni

Minggu XXI Sesudah Trinitatis
Nats: Kejadian 50: 15-20


Pendalaman Nats


Minggu ini akan diceritakan tentang pengampunan yang diberikan Yusuf kepada saudara saudaranya. Yusuf adalah anak dari Yakub dan Rahel. Selain dengan Rahel, Yakub juga memiliki anak dari Lea, Zilpa dan Bilha. Ada 12 anak laki laki yang dimiliki Yakub. Namun dari semuanya, dia paling menyayangi Yusuf yang mana membuat saudara-saudaranya iri kepada Yusuf. Suatu kali Yakub memberikan Yusuf sebuah jubah yang maha indah. Namun sayang sekali hal ini membuat kebencian saudara-saudaranya terhadap Yusuf menjadi semakin memuncak. Mereka menjual Yusuf kepada saudagar Midian dan Yusuf dijadikan budak. Namun karena Tuhan menyertai Yusuf, ia menjadi orang berhasil dalam pekerjaannya. Yusuf menjadi orang terkenal, kaya raya dan terhormat di Mesir. Suatu kali di Kanaan terjadi kelaparan yang membuat saudara-saudara Yusuf datang kepada Yusuf untuk membeli makanan. Pada saat itulah Yusuf dipertemukan kembali dengan saudara saudaranya. 


Nats kali ini menceritakan ketakutan saudara Yusuf saat ayah mereka, Yakub, meninggal. Saudara saudara Yusuf takut kalau Yusuf akan membalas dendam dan menyampaikan pesan yang direkayasa. Mendengar hal itu Yusuf kemudian meyakinkan saudara saudaranya untuk tidak takut. Tidak hanya itu, Yusuf juga menghibur dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya untuk tetap menjamin hidup saudara saudaranya dengan menanggung makan saudara-saudaranya dan juga anak-anak mereka. 


Tujuan khusus nats ini untuk anak sekolah minggu adalah:

1. Anak sekolah minggu mengetahui cerita tentang Yusuf
2. Anak sekolah minggu dapat mengetahui bahwa kejahatan (sombong, iri hati, benci) membuat hidup mereka ketakutan, sakit dan duka cita.
3. Anak sekolah minggu dapat mencontoh sifat Yusuf yang memaafkan saudara-saudaranya.
4. Anak sekolah minggu dapat menyadari penyertaan Allah atas hidupnya.



Catatan: 
Nats kali ini mungkin agak sulit disampaikan karena berdasarkan almanak HKBP nats minggu lalu sama sekali tidak berhubungan dengan cerita Yusuf. Namun kakak sekolah minggu pasti bisa merangkum sedikit latar belakang cerita dengan baik agar pada saat inti cerita disampaikan anak sekolah minggu masih tertarik untuk mendengarkan. Selamat melayani! 


Metode Cerita:

Adik-adik, sekarang kakak akan bercerita tentang seorang anak muda bernama Yusuf. Dia adalah anak dari bapak Yakub, Ibunya bernama Rahel. Yusuf mempunyai 11 orang saudara laki laki dan seorang saudara perempuan. Di rumahnya, Yusuf menjadi anak kesayangan bapaknya. Bahkan ia pernah diberikan baju yang sangat indah oleh bapaknya. Namun sayang, hal itu membuat saudara-saudaranya iri dan membenci Yusuf.

Suatu ketika, Yusuf menjumpai abang-abangnya di ladang. Lalu, abang-abangnya merencanakan sesuatu yang jahat kepada Yusuf. Akhirnya Yusuf di jual kepada seorang pedagang yang kebetulan lewat di situ. Mereka mengatakan kepada bapak Yakub bahwa Yusuf telah mati diterkam binatang buas.

Kemudian Yusuf dibawa ke Mesir dan dijadikan pembantu. Namun, karena Tuhan Allah selalu menyertai Yusuf, akhirnya Yusuf menjadi seorang pemimpin yang terkenal dan kaya raya di Mesir.

Ketika ada bencana kelaparan di kampung Kanaan, kampung halamannya, abang-abang Yusuf datang ke Mesir untuk mencari makanan. Dan akhirnya Yusuf bertemu dengan abang-abangnya. Yusuf menangis dan memeluk mereka. Yusuf tidak menyimpan dendam. Yusuf menangis karena dia sangat menyayangi saudara-saudaranya, walaupun mereka telah berbuat jahat kepadanya.

Nah, adik-adik juga harus dapat seperti Yusuf. Ketika adik-adik diisengin, digodain, dipukul, dicubit, mainannya direbut, diejek oleh orang lain, tidak boleh membalas dan harus memaafkan orang tersebut. Adik-adik pasti bisa melakukannya dengan meminta pertolongan Tuhan Yesus.

Catatan:
Jika kakak sekolah minggu ingin menyinggung tentang Firaun, harus diingat bahwa Firaun bukanlah nama raja di Mesir. Firaun adalah sebuah gelar.

Metode Penyampaian Aplikasi
Drama tentang seorang anak yang disakiti temannya. 2 orang kakak sekolah minggu berlakon menjadi anak. Anak pertama menyakiti anak yang lain. Kakak sekolah minggu yang bercerita kemudian mulai menanyakan apa yang seharusnya dilakukan oleh anak yang disakiti itu. Kakak sekolah minggu kemudian mulai mengarahkan apa yang kita harus lakukan sebagai anak Tuhan sehingga kita menyenangkan Tuhan. Ya benar! Tidak membalas teman atau saudara kita dan mendoakan teman/saudara kita tersebut agar tidak nakal lagi.


Alat Peraga

Versi1
Yusuf

12 anak anak Yakub
Versi2

Yakub memberikan jubah maha indah kepada Yusuf
Yusuf dipenjara

Versi3
Yusuf dan Saudara saudaranya
Yusuf dimusuhi saudaranya
Yakub yang sedih 
Yusuf disertai Tuhan dan menjadi penguasa di Mesir
Yusuf mengampuni & mengasihi saudaranya
Aplikasi
Berebut Mainan (tidak baik)
Berkelahi (tidak baik)
Mengampuni
Bermain bersama kakak dan adik
Bermain bersama adik
Lagu


Carilah, Usirlah
Carilah…usirlah…
Semua anak tikus dalam lumbungmu


Sombong, marah, benci dan dusta
Tidak boleh tinggal dalam hatimu



Aktivitas



Yusuf

Yusuf dan jubahnya

Matius 6: 12
"dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami"


Utk horong seda bisa membuat "Forgive Me" card utk Papa, Mama, Opung, Saudara-saudara.  
Caranya, adik2 menuliskan di atas kertas yg berbentuk hati, ttg perbuatan yg kurang baik yang pernah diperbuat.

Kumpulan kertas2 tersebut juga dapat dibuat sbg bahan mading kelas, dengan mengumpulkan dan menempelkannya di atas kertas besar/karton, lalu bisa ditambah dengan foto kelas...  
Selamat berkreativitas.



Ayat Hafalan




Memecahkan Kode Rahasia




Membuat Kartu "Forgive Me"


Mewarnai
Warnailah gambar Yusuf dibawah (sebaiknya gambar yang ke 2, untuk anak sekolah minggu kelas balita, jika agak sulit, dapat menggunakan gambar pertama)



Menempel
- Bagikan lembaran gambar pertama untuk anak anak sekolah minggu
- Buatlah potongan potongan kertas origami untuk ditempel pada gambar pertama
- Hasil yang diharapkan adalah gambar kedua dengan hasil yang penuh warna

Catatan: 
1. Kakak sekolah minggu sebaiknya membuat satu buah contoh jubah yang sudah jadi
2. Kakak sekolah minggu dapat membuat contoh tersebut sebagai alat peraga
3. Dapat ditambahkan stik es/sumpit/semacamnya agar dapat menjadi sebuah wayang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar