Horas!!

Syalom!

Selamat datang di blog Sekolah Minggu Rawamangun.

Blog ini bertujuan untuk menjadi inspirasi bagi setiap pelayan anak yang dengan sepenuh hati ingin memberikan yang terbaik bagi anak layan dan kemajuan pelayanannya disekolah minggu. Pada umumnya blog ini akan mengikuti nats yang ada di Almanak HKBP. Tentunya materi serta alat peraga yang ada juga merupakan referensi dari berbagai sumber. Namun di blog ini ditambahkan juga artikel atau cerita lain yang berhubungan dengan sekolah minggu lho..

Semoga kiranya blog ini dapat menjadi penunjang bagi pelayanan kita di sekolah minggu. Amin!

Paulus Yang Selalu Bersukacita

Minggu XX Sesudah Trinitatis
Nats: 1 Tesalonika 5: 16-18


Pendalaman Nats
Pada nats kali ini Paulus menginginkan jemaat yang ada di Tesalonika untuk selalu selalu bersukacita, berdoa, mengucap syukur dan tetap mengingat dan percaya bahwa kita adalah anak Tuhan.


Bersukacita dan bersyukur dalam segala hal berarti bahwa kita sebagai anak Tuhan, dalam suka maupun duka tetap percaya bahwa Tuhan selalu bersama kita. Campur tangannya tetap ada setiap waktu dalam hidup kita. Sikap yang penuh dengan ucapan syukur, meskipun kita sedang berada dalam masalah atau kesedihan apapun, tentunya akan membuat kita tetap bersukacita di dalam Tuhan karena sukacita yang ada di dalam Tuhan adalah yang sejati. Dari nats ini kita juga mengetahui bahwa kita harus bersukacita, berdoa dan mengucap syukur tidak hanya pada waktu Tuhan memberikan berkatNya, tetapi juga pada saat penantian dan pergumulan kita. Hal ini tentu tidak mudah. Namun Tuhan menginginkan anak-anakNya, sejak kecil, sudah bisa merasakan sukacita dalam Tuhan.


Tujuan khusus nats ini untuk anak sekolah minggu adalah:

  • Mereka dapat menyebutkan hal hal apa saja yang diberikan Tuhan yang membuat mereka bersukacita - kakak layan dapat mengarahkan jawaban-jawaban adik-adiknya bahwa sukacita yang sejati bukanlah pada saat Tuhan memberikan berkatNya, tetapi juga pada saat kita dalam pergumulan atau kesedihan.
  • Mereka dapat selalu berdoa dengan hati yang selalu mengingat bahwa penyertaan Tuhan tidak pernah berhenti
  • Mereka dapat memberikan ucapan syukur, baik melalui doa, nyanyian pujian kepada Tuhan, terlebih dalam perilaku sehari-hari.


Metode Cerita:
Siapa yang sepanjang hari selalu bermuka gembira karena selalu bersuka cita? Siapa yang pernah marah, menangis atau bersedih sepanjang hari?

Ada suatu kisah di suatu kota, yaitu Tesalonika. Di kota tersebut terdapat beraneka suku dan agama. Salah satunya adalah orang-orang Yunani yang tidak percaya kepada Yesus Kristus dan yang lainnya adalah jemaat yang percaya kepada Yesus Kristus.

Tapi, jemaat yang berada di kota Tesalonika tidak merasa tertekan dengan keadaan tersebut, bahkan mereka dapat berhubungan baik dengan yang lainnya dengan tetap taat kepada Tuhan Yesus, selalu  berdoa dan mengucapkan syukur. Mereka selalu bersuka cita meskipun berada dalam kondisi seperti itu.

Nah, sebagai anak Tuhan, yang telah ditebus oleh darah Yesus, pasti akan lebih senang dan memilih untuk selalu bersuka cita dan bergembira kan? Karena Tuhan Yesus ingin agar setiap anak Tuhan selalu bergembira dan mengucap syukur. Kita dapat bergembira dan mengucap syukur karena Tuhan Yesus tinggal di hati kita.

Pasti adik-adik mau kan selalu bergembira sepanjang hari? Caranya mudah sekali. Adik-adik, minta kepada Tuhan Yesus lewat doa agar dapat selalu bergembira dan mengucap syukur.

Jadi, kalau adik-adik belum mendapatkan apa yang diinginkan, atau ada teman yang mempunyai barang yang lebih bagus, atau nilai nya masih kurang baik, ucaplah syukur dan berdoa kepada Tuhan Yesus, ucaplah syukur atas apa yang telah Tuhan berikan selama ini, tidak boleh nangis, merengek atau cengeng sebab Tuhan Yesus ingin agar kita selalu bergembira dan mengucap syukur.


Alat Peraga
Rasul Paulus

Anak Perempuan Berdoa
Anak Laki laki Berdoa
Berdoa Senantiasa
Berdoa Bersama
Bersyukur Melalui Pujian
Bersukacita Selalu

Lagu

Hati Senang
Hati senang.. (ya.. ya..)
Hati senang.. (ye.. ye..)
Hati senang.. (AMIN!) didalam Tuhan
Bersukacita selalu
Berdoa senantiasa
Ucapkanlah syukur dalam s'gala perkara

Mari kita bersukaria
Mari kita bersukaria (kar'na ini)
Kar'na ini hari bahagia (kita berkumpul)
Kita berkumpul jadi satu (puji Tuhan)
Puji Tuhan semesta itu (haleluya)
Angkat tangan wajah berseri (hilangkanlah)
Hilangkanlah hati yang sedih (Yesus berkata)
Bukankah Yesus berkata damai yang dib'rikan kita mari kita bersukaria


Aktivitas
Memberikan mimik pada gambar dibawah
Bersukacita Selalu


Inilah doa yang ingin aku panjatkan
Kartu Ucapan Syukur (depan)
Kartu Ucapan Syukur (belakang)









Ayat Hafalan
Roma 12:12
"Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar