Horas!!

Syalom!

Selamat datang di blog Sekolah Minggu Rawamangun.

Blog ini bertujuan untuk menjadi inspirasi bagi setiap pelayan anak yang dengan sepenuh hati ingin memberikan yang terbaik bagi anak layan dan kemajuan pelayanannya disekolah minggu. Pada umumnya blog ini akan mengikuti nats yang ada di Almanak HKBP. Tentunya materi serta alat peraga yang ada juga merupakan referensi dari berbagai sumber. Namun di blog ini ditambahkan juga artikel atau cerita lain yang berhubungan dengan sekolah minggu lho..

Semoga kiranya blog ini dapat menjadi penunjang bagi pelayanan kita di sekolah minggu. Amin!

Yohanes Yang Bersaksi

Minggu XXIV Sesudah Trinitatis
Nats: Yohanes 1: 29-34

Pendalaman Nats

Nats kali ini bercerita tentang Yohanes anak dari Zakaria. Istri Zakaria adalah Elisabet yang adalah saudara sepupu dari Maria, ibu Yesus. Kehidupan Yohanes sehari hari amat berbeda dengan orang orang biasa dijamannya. Ia mengenakan baju dari bulu unta dan belalang serta madu hutan adalah makanannya. 


Yohanes diberi gelar pembaptis karena pekerjaannya membaptis orang-orang termasuk Tuhan Yesus. Ia dipilih Tuhan untuk menjadi jalan agar manusia diselamatkan. Pada awalnya Yohanes menolak karena ia merasa tidak pantas. Namun Yesus sendirilah yang memintanya untuk dibaptis yaitu agar Tuhan Yesus dinyatakan kepada Israel sebagai Anak Domba Allah. 


Melalui hal ini kita mengetahui bahwa Yohanes menyaksikan Yesus adalah anak Allah yang akan membawa keselamatan bagi umatNya. Yohanes tidak tinggal diam saja, tapi turut ambil bagian menjadi saksi Kristus, yaitu bahwa setiap orang harus mendapatkan keselamatan.

Tujuan khusus nats ini untuk anak sekolah minggu adalah:
1. Anak sekolah minggu mengetahui cerita tentang Yohanes Pembaptis
2. Anak sekolah minggu  percaya bahwa Yesus adalah anak Allah
3. Anak sekolah minggu terdorong untuk memberitakan tentang kasih Kristus (melalui tingkah laku dan perbuatan sehari hari)


Metode Cerita: 
Adik-adik hari ini kakak mau bercerita tentang seorang bapak namanya bapak Yohanes (sambil memperlihatkan gambar Yohanes). Apakah adik adik tahu, sebenarnya Tuhan Yesus dan bapak Yohanes bersaudara lho. Jadi ternyata ibu mereka adalah saudara sepupu! Tapi, coba kita lihat, bapak Yohanes ini kerjanya apa ya? Apakah dia seorang petani (rekan guru yg lain menjawab : tidak), apakah dia seorang nelayan (guru menjawab: tentu tidak), mari kita cari tahu. Oh ternyata bapak Yohanes itu seorang pembaptis, yaitu orang yang membuat orang-orang yang jahat jadi bertobat, jadi tidak jahat lagi. Anak-anak yang nakal jadi tidak nakal lagi.

Banyak loh orang yang sudah di baptis pak Yohanes, salah satunya Tuhan Yesus. Awalnya bapak Yohanes menolak, karena Tuhan Yesus kan bukan orang jahat, tapi Yesus bilang tidak apa-apa. Justru Tuhan Yesus berkata bahwa Ia harus dibaptis oleh bapak Yohanes agar Tuhan Yesus dinyatakan kepada Israel.  Anehnya, setelah Yesus dibaptis, turun Roh Kudus dari surga, bentuknya mirip burung merpati loh adik-adik. Coba lihat (sambil menunjukkan alat peraga). Lalu bapak yohanes berkata : " wah Dia adalah anak Allah, aku tidak ada apa-apanya dibandingkan Tuhan Yesus. Aku hanya membaptis, tapi Yesus yang mengampuni dosa semua manusia"

Nah, siapa yang disini sudah di baptis? (Sambil menunjukkan alat peraga). Wah, banyak ya.. Kalau sudah dibaptis berarti sudah menjadi anak Tuhan Yesus, jadi tidak boleh nakal lagi ya. Harus baik pada teman.

Ini si Tina. Dia sudah dibaptis loh. Suatu hari dia punya roti, tapi temannya gak punya. Karena Tina sudah jadi anak Tuhan Yesus, makanya dia mau berbagi dengan temannya sama seperti Yesus yang mau menebus dosa umat manusia dengan darahnya.

Jadi kalau rebutan mainan dengan kakak/adik, tidak mau berbagi, baik atau tidak ya (guru dan orangtua menjawab : no no no no), kalau bermain bersama teman (good). Kalau nakal, sampai dimarahin mama papanya (no no no no). Kalau jadi anak baik, dicintai mama papanya (good)

Nah semuanya mau jadi anak Tuhan Yesus?
Sekarang kita menyanyi ya, lagu "Happy ya ya ya"



Catatan:
metode cerita diatas secara umum ditujukan kepada anak sekolah minggu horong kecil, khususnya kelas balita. Bagi kakak sekolah minggu yang mengajar di horong sedang atau besar sebaiknya dapat menyesuaikan metode cerita masing masing.




Alat Peraga
Yohanes Pembaptis
Tuhan Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis
Anak Sekolah Minggu dibaptis
Anak anak berbagi
Anak anak berbagi makanan

Lagu


Happy Ya Ya Ya
Happy ya ya ya, happy  ye ye ye saya senang jadi anak Tuhan
Siang jadi kenangan malam jadi impian
cintaku semakin bertambah


Jalan Serta Yesus
Jalan serta Yesus
Jalan sertaNya setiap saat
Jalan serta Yesus
Serta Yesus s'lamanya


Jalan dalam suka; Jalan dalam duka
Jalan sertaNya setiap saat 
Jalan serta Yesus
Serta Yesus s'lamanya

Aktivitas
Puzzle
Kakak sekolah minggu membuat puzzle dari hasil cetak gambar Tuhan Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis.


Kuis
Kakak sekolah minggu membuat kuis singkat seputar cerita tentang Yohanes Pembaptis. Pertanyaan yang dapat dijadikan soal diantaranya:
1. Apa yang dikenakan dan dimakan oleh Yohanes Pembaptis?
2. Bagaimanakah hubungan keluarga antara Tuhan Yesus dan Yohanes pembaptis?
3. Mengapa Tuhan Yesus tetap ingin dibaptis oleh Yohanes pembaptis?
4. Apakah yang terjadi ketika Yohanes membaptis Tuhan Yesus?
5. Mengapa kita harus dibaptis? 
6. Apakah perbuatan Yohanes pembaptis yang dapat kita teladani? 


Ayat Hafalan


Lukas 3: 22 "dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.""

1 komentar:

  1. Terimakasih Kakak atas sharingnya, sangat memberkati, Tuhan Yesus tambahkan kakak kesehatan dan semakin berhikmat dalam melayani Tuhan

    BalasHapus